Google Drive

Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi merupakan salah satu program wajib bagi seluruh mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam pelatihan selama seminggu ini mahasiswa baru diperkenalkan dengan teknologi informasi yang nantinya dapat membantu proses perkuliahan.


Saya sebagai salah satu mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang merasakan manfaat dari pelatihan ini. Dari sekian banyak manfaat yang saya dapat, yang ingin saya bagi ialah tentang hal yang sebelumnya tidak pernah saya gunakan, yakni googling, tepatnya Google Drive.


Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google  yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB.
Hebatnya lagi, file yang sama dapat diedit secara bersamaan dengan sesama pengguna Google. Google Drive juga dilengkapi aplikasi chat untuk berkomunikasi dengan pengguna yang sama-sama aktif.

Setelah anda memilki akun Google, anda sudah dapat menggunakan Google Drive. Caranya :
1. Lakukan Sigin, tersedia di pojok kanan atas tampilan utama Google.
2. Klik logo Apps :

3. Klik logo Google Drive. Akan muncul seperti gambar berikut :
4. Sekarang anda sudah dapat melakukan penyimpanan dengan menjalankan seperti dalam Local Disk komputer Anda.
5. Buatlah file anda, (tersedia dalam Microsoft word, power point, dll) dengan klik "Create".


No comments:

Post a Comment