Pulau Lombok II

Jika anda merasa puas dengan sajian tempat-tempat wisata tersebut, bersiaplah untuk menyisihkan lagi ruang kepuasan anda untuk di penuhi oleh wisata budaya di Pulau Lombok.

NTB merupakan provinsi yang terdiri dari dua pulau utama, yakni Lombok di sebelah barat dan Sumbawa di bagian timur. Letak keduanya seolah juga merepresentasikan budayanya. Budaya Sasak di Lombok masih sangat serumpun dengan budaya-budaya yang ada di sebelah baratnya, yakni Bali dan Jawa. Sedangkan budaya masyarakat Samawa dan Mbojo di pulau Sumbawa malah serumpun dengan wilayah di sebelah timurnya seperti Maluku dan NTT. Nah, suku Sasak (Suku di pulau Lombok) sendiri memang berkerabat dengan Bali dan Jawa. Budaya Jawa cukup jelas terlihat pada segi agama dan bahasa suku Sasak. Terdapat banyak sekali kesamaan secara esensial dalam kedua bidang tersebut dengan masyarakat Jawa. Selain itu, akulturasi yag lebih jelas lagi nampak dari segi kesenian yang sangat mirip bahakan hampir sama dengan masyarakat Bali. Itulah yang menjadikan pulau Lombok sangat kaya akan wisata budaya yang dimilikinya. Selain kebudayaan asli masyarakat Sasak, juga ditambah dengan bentuk akulturasi  dari Jawa dan Bali.

Berikut beberapa diantaranya :
1. Seni Musik Gamelan yang sangat mirip dengan Bali


2. Nyongkolan, acara arak-arakan pengantin

3. Gendang Beleq, musik khas pengiring acara nyongkolan

4. Bau Nyale, festival tahunan khas Sasak

Terdapat masih banyak sekali kebudayaan-kebuyaan yang bukan hanya Sasak, tetapi semua kebudayaan yang sarat akan makna dan kearifan luhur dan perlu untuk kita lenstarikan.
Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan menginspirasi.

No comments:

Post a Comment